Faktor dalam menentukan metode pembelajaran

Gambar Ilustrasi
Sebelum mengetahui faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan metode pembelajaran, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu prinsip-prinsip metode metode pembelajaran. Prinsip metode pembelajaran ialah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan metode pembelajaran. Prinsip umum penggunaan metode pembelajaran ialah bahwa tidak semua metode pembelajaran cocok digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan situasi atau kondisi saat pembelajaran berlangsung. Semua metode pembelajaran memiliki kekhasasn tersendiri dan relevan dengan tujuan pembelajaran tertentu namun belum tentu cocok pada tujuan dan situasi lain. Artinya semua metode pembelajaran mempunyai kelebihan serta kekurangan.

Guru sebagai agen perubahan harus mampu memilih metode yang tepat sesuai dengan tujuan dan keadaan pembelajaran. Kesalahan dalam memilih metode dalam mengajar berarti guru telah merancang kegagalan dalam pembelajaran.

Sebagai acuan/panduan dalam memilih metode yang tepat, pegang 4 prinsip umum dalam menentukan metode pembelajaran;

1. Orientasi pada tujuan pembelajaran

Dalam sistem pembelajaran tujuan merupakan komponen yang utama. Segala aktivitas guru dan peserta didik, mestilah diupayakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. hal ini menjadi krusial, sebab mengajar adalah suatu proses yang bertujuan. Oleh karena itu keberhasilan suatu metode pembelajaran dapat ditentukan dari keberhasilan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

2. Orientasi pada aktivitas peserta didik

Belajar bukan sekedar aktivitas menghafal kata atau informasi. Belajar adalah learning by doing yakni memperoleh pengalaman tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Karena itu metode pembelajaran harus dapat mendorong aktivitas peserta didik. Aktivitas bukan melulu pada aktivitas secara fisik, akan tetapi meliputi aktivitas psikis/mental.

3. Orientasi pada individualitas

Mengajar adalah suatu upaya mengembangkan setiap individu peserta didik, namun hakikatnya yang ingin dicapai adalah perubahan perilaku peserta didik.Guru dikatakan guru yang baik dan profesional manakala ia menangani 50 orang peserta didik seluruhnya berhasil mencapai tujuan yang diharapkan, sebaliknya dikatakan guru tidak baik atau tidak berhasil manakala 50 orang peserta didik 49 peserta didik yang tidak berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Standar keberhasilan guru dilihat dari segi jumlah peserta didik seyogyanya ditentukan setinggi-tingginya. Semakin tinggi standart keberhasilan yang ditentukan, semakin berkualitas proses pembelajaran.

4. Orientasi pada integritas

Mengajar harus dipandang sebagai usaha mengembangkan seluruh pribadi siswa. Bukan hanya aspek kognitif saja, akan tetapi meliputi aspek afektif dan psikomotorik. Pembelajaran harus diarahkan untuk mengembangkan seluruh aspek kepribadian peserta didik yang terintegrasi (Kognitif, afektif, Psikomotorik)

Dari uraian diatas dapat ditentukan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan metode pembelajaran yaitu ;
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Kemampuan Guru
  3. Kemampuan Peserta Didik
  4. Jumlah Peserta Didik
  5. Jenis Materi
  6. Alokasi Waktu
  7. Fasilitas / Sarana Prasarana
Referensi : Syifa S. Mukrimaa 2014
TAG