Definisi Metode Pembelajaran

Sebelum mengenal beberapa jenis dan aneka metode pembelajaran, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu sebenarnya Metode Pembelajaran? Bagi seorang pendidik memang sudah tak asing lagi tentang metode pembelajaran, dalam posting kali ini admin pada khususnya serta sahabat pada umumya mencoba mengingat kembali tentang definisi pembelajaran. Dan yang perlu digaris bawahi disini adalah sebagai catatan pribadi jikapun sobat jingin mencoba melawan lupa,.Mari! kita akan mencoba mengingat bersama-sama. Oh..so sweet :D

Gambar Ilustrasi

Definisi Metode Pembelajaran

Metode memiliki peran yang sangat strategis dalam mengajar. Metode berperan sebagai rambu-rambu atau bisa juga dikatakan bagaimana memproses pembelajaran sehingga dapat berjalan baik dan sistematis. Lebih ekstim lagi proses pembelajaran tidak akan berlangsung tanpa adanya suatu metode. Oleh karena itu, setiap guru dituntut menguasai berbagai metode dalam rangka memproses pembelajaran yang efektif, efisien, menyenangkan dan tercapai tujuan pembelajaran. Secara implementatif metode pembelajaran dilaksanakan sebagai tehnik yaitu pelaksanaan apa yang sesungguhnya terjadi dilakukan oleh guru untuk mencapau tujuan.

Metode secara harfiah berarti "cara", secara umum metode dapat diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pendapat lain juga disebutkan bahwa 
  • Metode adalah cara atau prosedur yang dipergunakan oleh fasilitator dalam interaksi belajar dengan memperhatikan keseluruhan sistem untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan mengajar sendiri berarti memberi pelajaran ( Fatthurrohman dan Sutikno, 2007:55 )
Berdasarkan pandangan diatas dapat dipahami bahwasannya metode mengajar merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode itu sendiri merupakan salah satu sub-sistem dalam sistem pembelajaran yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Oleh karena itu, salah satu masalah yang sangat memerlukan perhatian dalam kegiatan pembelajaran adalah metode pembelajaran (Learning Method). Pada awalnya metode pembelajaran kurang mendapat perhatian, karena orang beranggapan bahwa pembelajaran itu suatu kegiatan yang bersifat praktis. Jadi tidak perlu pengetahuan atau teori yang ada sangkut pautnya dengan pembelajaran. Seseorang merasa sudah mampu mengajar dan menjadi pendidik atau fasilitator jika sudah menguasai materi yang akan disampaikan. Pandangan ini tidaklah 100% benar. Fasilitator perlu pula mempelajari pengetahuan yang ada kaitannya dengan kegiatan pembelajaran, khususnya metode pembelajaran yang berguna untuk bagaimana memproses terjadinya interaksi belajar.J adi, metode digunakan oleh guru untuk mengkreasi lingkungan belajar dan mengkhususkan aktivitas dimana guru dan peserta didik terlibat selama proses pembelajaran berlangsung.

Metode pembelajaran dalam implementasinya memiliki prosedur atau fase-fase tertentu secara garis besar dalam suatu proses interaksi belajar, metode pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi empat fase utama yaitu fase pendahuluan, fase pembahasan, fase menghasilkan dan fase penurunan.

  • Fase pendahuluan dimaksudkan untuk menyusun dan mempersiapkan mental set yang menguntungkan, menyenangkan guna pembahasan materi pembelajaran. Dalam fase ini fasilitator dapat melakukan kaji ulang terhadap pembahasan sebelumnya dan menghubungkan dengan pembahasan selanjutnya.
  • Fase pembahasan dimaksudkan untuk melakukan kajian, pembahasan dan penelaahan terhadap materi pembelajaran. Dalam fase ini peserta didik mulai dikonsentrasikan perhatiannya terhadap pokok materi pembahasan. Diperlukan metode yang cocok denga tujuan, sifat materi, latar belakang peserta didik dan guru.
  • Fase menghasilkan tahap penarikan kesimpulan berdasarkan dari seluruh hasil pembahasan yang berdasarkan pengalaman dan teori yang mendukungnya.
  • Fase penurunan dimaksudkan untuk menentukan konsentrasi peserta didik secara berangsur angsur. Ketegangan perhatian peserta didik terhadap materi pembelajaran perlu secara bertahap diturunkan untuk memberi isyarat bahwa proses pembelajaran akan jeda atau berakhir.
Secara implementatif pembelajaran dilaksanakan sebagai tehnik pembelajaran. Secara utuh bila dirangkai dari filosofinya rangkaian itu adalah dari pendekatan, model, strategi, metode dan tehnik pembelajaran.  Pendekatan adalah pola/cara berfikir/mindset atau dasar pandangan terhadap sesuatu. Model merupakan orientasi filosofi dari pembelajaran. Pendekatan dan model terdapat sejumlah srategi yang dapat digunakan. Sedangkan strategi adalah pola umum aktivitas guru-peserta didik didalam perwujudan kegiatan pembelajaran. Strategi ini memuat beberapa metode. Metode adalah alat untuk mencapai tujuan yang bersifat prosedural (empat fase yang telah dikemukakan), sedangkan tehnik merupakan aplikasi dari guru untuk mencapai tujuan yang bersifat implementatif. Istilah lain dari tehnik adalah ketrampilan pembelajaran. Adapun ketrampilan itu sendiri meliputi ketrampilan/tehnik menjelaskan, demonstrasi, bertanya dan lain-lainnya.
TAG