Proses belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran untuk mewujudkan suatu tujuan yang telah ditetapkan. Namun permasalahan sering kita jumpai dalam pengajaran adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik, sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien.
Gambar Ilustrasi |
Definisi Metode Tanya Jawab
Model pembelajaran yang bersifat aktif individual dengan mengakibatkan terjadinya komunikasi secara langsung yang bersifat dua arah antara guru dengan guru atau peserta didik sesama peserta didik dengan guru (Istarani , 2012)
Dari definisi diatas metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dengan peserta didik, lazimnya dalam bentuk guru bertanya dan peserta didik menjawab atapun sebaliknya.
Penggunanan metode ini dapat dinilai sebagai metode yang wajar dan tepat jika dipergunakan untuk :
- Sebagai ulangan pelajaran yang telah diberikan
- Sebagai selingan dalam pembicaraan
- Sebagai perangsang peserta didik agar perhatiannya tercurah pada topik yang dibicarakan
- Untuk mengarahkan proses berfikir
Langkah-langkah Metode Tanya Jawab
- Kegiatan persiapan ; merumuskan tujuan tujuan pembelajaran serta menyiapkan materi yang sesuai dengan tujuan seyogyanya harus dilakukan terlebih dahulu, dan kemudian mempersiapkan manuver pertanyaan yang akan ditanyakan.
- Kegiatan pelaksanaan
- Kegiatan pembukaan ; Appersepsi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran, Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Kegiatan inti ; Mengajukan pertanyaan mengenai materi pembelajaran, Menggunakan ketrampilan bertanya dasar dan lanjutan contoh: memberi acuan, pemusatan, menggilir, memberi waktu berfikir, memberi tuntunan dan sebagainya, Memberikan penguatan bagi peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan, Melemparkan pertanyaan dari peserta didik ke peserta didik yang lain
- Kegiatan akhir ; meminta peserta didik merangkum isi pelajaran, evaluasi dan follow up.
Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab
Kelebihan Metode ini menjadikan kelas lebih hidup karena timbal balik siswa dari setiap pertanyaan yang diajukan guru atau peserta didik didalam kelas, partisipasi peserta didik menjadi lebih besar dan berusaha mendengarkan pertanyaan guru dengan baik dan mencoba memberikan pertanyaan yang tepat sesuai dengan topik dalam pembelajaran, melatih mental siswa dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan, dan juga dapat mengetahui kualitas speserta didik.
Adapun kelemahan bagi peserta didik yang pasif akan menghambat kelancaran jalannya metode tanya jawab ini, guru yang kurang memiliki ketrampilan bertanya dapat membuang waktu percuma apabila peserta didik tidak responsif terhadap pertanyaan.